Home > Two Wheels > Shogun 125 SP – Satria 150 F Velg Jari-jari (Part 1)

Shogun 125 SP – Satria 150 F Velg Jari-jari (Part 1)

satria-spoke.jpg (75 KB)

Meskipun kita bisa menyuruh orang di bengkel untuk memodifikasi motor kita, namun itu kurang mengasyikan.
Setidaknya kita tau bagaimana langkah pembuatanya, harga-harga komponen dan jasanya.

Pada kesempatan ini, kita akan bahas perubahan bagian depan.

Untuk penggantian roda depan menjadi jari-jari ada beberapa opsi, bisa menggunakan tromol Suzuki Smash atau Suzuki Shogun 125 atau juga menggunakan tromol Kawasaki Ninja 150.

Lalu pada penggunaan piringan cakram (disk) juga ada beberapa opsi, untuk tromol Smash-Shogun 125, bisa menggunakan piringan Smash-Shogun 125, atau bisa juga menggunakan piringan racing berdiameter besar seperti Kitaco a.k.a KTC, PSM, dll.

Untuk penggunaan tromol Ninja juga demikian, bisa menggunakan piringan ukuran standart Ninja, atau menggunakan variasi yang lebih besar.

Semuanya tergantung selera dan kemampuan budget kita.
Mulai dari tromol Smash-Shogun 125, part yang perlu dibelanjakan adalah :
1. tromol Smash-Shogun 125 (barang bekas harga mulai 20 ribu)
2. klaher/bearing (harga mulai dari 15 ribu/pasang)
3. bos untuk bagian luar (kanan-kiri) & dalam tromol, bagian dalam bos harus pas dengan besar as roda depan (harga sekitar 20 ribu)

4. jari-jari depan Smash-Shogun 125 (harga mulai dari 17 ribu)
5. velg/rim (velg alumunium, harga mulai dari 100 ribu)
6. piringan (piringan kecil, harga mulai 100 ribu. piringan floating racing diameter besar harga mulai 300 ribu)
7. baut-baut piringan (harga sekitar 10 ribu)

mulai..:
1. bubut bagian tengah tromol di tukang bubut, jasa sekitar 30 ribu (optional)
2. bawa bos tengah tromol, klaher/bearing, tromol, jari-jari, velg ke tukang stel velg, (kalau ban dan piringan cakram udah ada, sekalian minta pasangin) jasa sekitar 20 ribu.

3. bawa lagi semua komponen ke tukang bubut yang bisa bikin braket kaliper/kepala babi cakram.
4. tukang bubut mulai ambil peranan, dia akan pasang semua komponen ke as roda depan, lalu membuat braket kaliper. pokoknya beres dah, bikin braket kaliper sekitar 50 – 70 ribu tergantung kualitas plat besinya, kalau ada yang perlu dibubut-bubut bagian bos luar nya, maximal di tukang bubut abis 100 ribu lah.

Untuk penggunaan tromol Ninja, proses pemasangan sama dengan tromol Smash-Shogun 125 di atas.

Yang perlu dibelanjakan untuk penggunaan tromol Ninja :
1. tromol Ninja non original “kalau ada merk Ride It, lengkap dengan bos tengah, piringan ukuran standart, baut-baut piringan. harga sekitar 200 ribu” – “untuk merk lain, biasanya tidak menyertakan baut-baut dan bos tengah, hanya tromol dan piringan saja. harga sekitar 180 ribu”

2. klaher/bearing (harga mulai 15 ribu/pasang)
3. jari-jari Ninja (harga mulai 18 ribu-original Kawasaki Ninja)
4. velg/rim (alumunium, harga mulai 100 ribu)

**********************************
Yang juga wajib dibaca (langsung klik)
My Another Blog (please visit)
Shogun 125 SP – Satria 150 F Velg Jari-jari (Part 1)
Shogun 125 SP – Satria 150 F Velg Jari-jari (Part 2)
Service Besar + Upgrade Suzuki Shogun 125 SP
**********************************

Categories: Two Wheels Tags:
  1. dismas not dimas
    June 12, 2010 at 9:12 pm

    halo bro… Link blog nya juga udah saya pasang… Wah, blogger otomotif juga ternyata… salam kenal bro…🙂:mrgreen:😉

    • abid912
      June 12, 2010 at 10:39 pm

      thanks ya,..
      whe, anak muda hobinya ya gak jauh dari internet ma balap liar tho..🙂

    • dismas not dimas
      June 13, 2010 at 10:46 am

      Ya ndak apa apa. Tapi ya meskipun seneng ngebut tetep kudu sayang nyawa bro. Toh bedanya nggak seberapa… Internetan emang asik. Tapi kalau fb dah mulai gak asik🙂

  2. herry smile
    June 20, 2011 at 7:18 pm

    mas kode bering roda dpn+blkng untk mtr suzuki shogun 125 sp brp ya…
    o…ya tlong sklian sm kode bering kur as nya.thank’s

  3. Burhan
    November 7, 2012 at 11:53 pm

    Mas mw tanya ni kalaw tromol jari-jari yang pas dipakai untuk shogun sp 125 .
    Tromol apa ya.?
    Soalnya saya kemarin ada coba tromol satria fu yg mereknya itu zox.
    Tp gk masuk kedudukan cakramnya.
    Gimana solusinya y mas.?

  4. Burhan
    November 18, 2012 at 9:51 pm

    Mas,
    tolong kasih solusinya gimana tu.
    Blz dunk mas plis.

  5. riyanardiyan
    April 17, 2013 at 9:49 pm

    q mw tanya mas??
    harga house kopling buat shogun sp brapa harganya??

  6. benss
    June 18, 2013 at 6:49 pm

    klo pake tromol depan sohgun 125 ke satria fu itu
    harus pake laher no brapa sih mas?
    makasih…

  7. February 16, 2014 at 11:01 pm

    Bos kalo begitu habis berapa ya ??

  8. March 18, 2016 at 2:28 pm

    tromol belakang yang cocok untuk motor shogun axelo tromol apa ya mas?

  1. June 13, 2010 at 10:08 pm
  2. July 29, 2010 at 10:52 am
  3. August 26, 2010 at 1:17 pm
  4. October 24, 2010 at 3:26 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: