Home > Uncategorized > Wirausaha: Vibrational Game.

Wirausaha: Vibrational Game.

*copas dari grup pendekar

Setiap bidang apapun yang dijalani asalkan halal it’s okay. Namun barangkali ada di antara anda yang mau pindah haluan, dari karyawan menjadi wirausahawan, saya kepingin share begini.

Banyak yang berpikir bahwa menjadi wirausaha itu hanya soal skill dan modal uang. Dalam rangka itu para karyawan yang merencanakan berwirausaha, sibuk belajar skill ini itu, dan juga menyisihkan gajinya untuk ditabung, yang kelak akan digunakan sebagai modal.

Skill dan modal tidak cukup!!
Berwirausaha itu juga ada urusan mental. Apa itu? Kemampuan berdamai dengan rasa takut, kuatir dan cemas. Ini yang kadang dalam perjalanannya butuh waktu belajar melalui pengalaman. Karena bertahun-tahun biasa dengan “kepastian”. Tiap bulan “merasa aman dan pasti ada yang menggaji”. Saat berwirausaha dimana di situ bermain dengan ketidakpastian, deep inside pada batin wirausahawan pemula akan cenderung galau, namun laten alias tidak nampak di permukaan karena terbungkus optimisme.

Ya ini soal deep inside, jauh di kedalaman diri. Ada rasa takut, cemas dan kuatir tentang pendapatan di hari esok. Nah semua perasaan itu yang akhirnya menjegal hasil. Rugi lah. Salah perhitungan lah. Ujung-ujungnya modal uang mulai menipis. Akhirnya, rasa takut, kuatir dan cemas gak bisa menafkahi diri sendiri dan keluarga semakin menguat. Ini akan memicu dua hal:
1) Jika diteruskan berwirausaha dan tidak mampu berdamai, akan sulit berhasil
2) Memicu yang bersangkutan untuk kembali tergoda menjadi karyawan yang “pasti” dan “aman”

So, untuk yang berwirausaha atau yang merencanakan ke arah situ, modal uang dan skill gak cukup. Mentalitas pasrah dan berserah diri juga dibutuhkan. Juga kemampuan untuk berada di present moment sepenuhnya, sehingga kecemasan, kekuatiran dan ketakutan akan hari esok, tidak mampu menyaingi rasa damai di dalam diri, karena anda sepenuhnya menikmati saat ini.

BERWIRAUSAHA, is also a VIBRATION GAME.

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: