Home > Reflection > Belajar Hidup, Mengajar Mati.

Belajar Hidup, Mengajar Mati.

Guru terbaik, bermurid dirinya sendiri.
Murid terbaik, berguru dirinya sendiri.

Setelah mengamati dan diamati, ternyata setiap babak kehidupan selalu terjadi peran guru-murid, berguru-bermurid, belajar-mengajar.

Entah itu mengajar dan belajar suatu keahlian (hardskill) yang bisa menunjang nilai tambah dalam bidang pekerjaan, maupun belajar dan mengajar suatu keilmuan (softskill) untuk menambah nilai dalam berkehidupan, bermasyarakat, sebagai seorang anak, atau bahkan sebagai seorang salik (orang yang mencari dan meniti jalan menuju Allah).

Belajar dan mengajar memang tidak mengenal kata berhenti sebelum kematian menjemput. Tidak dibatasi ruang, waktu, apalagi tempat. Belajar dari yang muda, atau mengajar yang lebih tua.

“Sesungguhnya tak ada yang lebih tahu di antara kita; yang ada hanya Lebih Dulu Tahu” ~ Candra Malik.

Selalu belajar walau tidak bermaksud demikian. Dan kadang mengajar walau tak bermaksud menggurui. Atau mungkin lebih tepat jika disebut saling berbagi? Terserah.

Terkadang kita dipertemukan dengan suatu kondisi atau peristiwa yang kebanyakan juga melibatkan manusia secara singkat, entah itu sekian detik atau menit, yang ternyata kita telah belajar sesuatu, atau juga ternyata kita telah mengajarkan sesuatu (kepada orang lain) tanpa kita sadari.

Dan terkadang juga kita mengalami rangkaian peristiwa yang panjang, berbilang bulan ataupun tahun hanya untuk melakoni peran belajar, atau ditugaskan mengajar.

Belajar dan mengajar memang sesuatu yang alamiah. Kita bisa belajar dari kondisi yang kita suka, maupun kondisi yang kita takuti. Kita bisa belajar dari orang yang kita cintai, pun dari yang kita benci.

Dan pada akhirnya kita bisa merumuskan beberapa hal, antara lain: ternyata cinta dan benci hanya soal rasa, bukan kebenaran mutlak.

Categories: Reflection Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: