Home > SELF-TALK > Terjemah Bebas “What to Say When You Talk to Yourself” Part 2/3

Terjemah Bebas “What to Say When You Talk to Yourself” Part 2/3

*jangan lupa baca part 1 terlebih dahulu*

#Subconscious Mind#
Tidaklah penting kita percaya atau tidak, alam bawah sadar tetap mempengaruhi. Pikiran kita mempercayai apa yang paling banyak kita katakan. Dan apa yang paling banyak kita katakan tentang diri kita maka akan membentuk kita. Maaf, kita tidak bisa mengelak.

#The Mind Problem#
Melalui proses elektrokimia dan kontrol physiological (ilmu pengetahuan ttg hubungan alam dengan segala makhluk yang ada), pikiran kita akan mempengaruhi semua yang kita lakukan dalam kehidupan kita.
Ini secara langsung mempengaruhi segala hal, mulai dari siapa teman hidup kita sampai dengan jumlah uang uang bisa kita kumpulkan.

#Processing Thoughts#
Semua pikiran2 baru yang kita pikirkan tetap disertai dengan pikiran2 lama kita. Keduanya menempati tempatnya masing2.
Ketika kita mengatakan hal baru, dalam hitungan detik, otak kita akan menyusuri jutaan sel yang ada, lalu bergesekan dengan semua yang pernah kita ‘simpan’ sebelumnya.

Dalam kesempatan yang sama, berdasarkan informasi yang telah tersimpan dalam jiwa, otak kita mengirimkan pesan singkat, mengatakan tentang bagaimana pikiran baru tersebut, lalu menentukan sikap tentang pikiran baru tersebut, apakah harus diterima, dipercayai, disimpan, digunakan, atau ditolak, tidak dipercayai, dan lalu dibuang.

#Designing Our New Self Image#
Kita telah hidup bersama bagian program yang bekerja untuk kita.
Bayangkan apa yang bisa kita lakukan jika kita bisa memberbarui program bawah sadar kita, menentang program lama tersebut dan mengantikan dengan program baru yang kita percayai sepenuhnya.

Alam bawah sadar secara otomatis akan menjalankan program yang baru, menggantikan batasan2 lama dengan hal2 baru yang kita lihat.

#Why change is so hard#
Kita telah mencoba meraih tujuan kita dengan “komputer pribadi” yang telah terprogram sebelumnya sehingga menahan dan membuat kita mundur kembali.!

Semakin kita berpikir tentang program2 lama diri kita, maka program2 itu akan semakin kita pikirkan (maka hasilnya tidak akan berubah dan lebih baik kita fokus memasukan secara paksa program2 baru yang lebih baik).
Begitulah pikiran, karena otak selalu mencoba mengikat program yang yang baru dengan apa yang sudah ada pada diri kita sebelumnya.

Semakin lama kita mempercayai sesuatu, semakin sulit merubah kepercayaan itu. Semakin lama kita berpikir tentang itu, maka itulah yang terjadi.!

#Self-talk#
Apapun yang kita katakan pada diri kita sendiri, ataupun apa yang orang lain katakan tentang kita, atau tentang apapun, semua itu adalah bagian dari “self talk”.

Kita mendengar apapun yang kita bicarakan. Bukankah kata2 kita menggambarkan pikiran bawah sadar seperti yang kita ingin dengar?

#Writing Out Affirmations#
Bagi mereka yang telah belajar bagaimana menulis dan bagaimana mengatakannya, menulis sendiri adalah cara efektif untuk memprogram ulang. Fokuskan perhatian, usahakan terus, dan secara aktif menyatu dengan prosesnya.

#Changing the Program#
Jika kita ingin menyelesaikan masalah, atau ingin meraih tujuan kita, kita harus terus memperbaikinya -bukan hanya sesaat- kita harus melakukan diet “self talk” secara ketat dan komplit meliputi segala hal dan meliputi segala fase kehidupan yang bermasalah bagi kita, atau setiap area berpikir kita yang mengikat kita dengan perogram2 mental yang lama.

#Tape Talk (Audio Affirmations)#
Kelebihan rekaman suara memang tak tertandingi dalam ranah pengembangan diri.

Yang paling utama adalah, kita bisa mendengar rekaman itu dalam keadaan apapun.

Kita tidak perlu mendengar secara serius. Alam bawah sadar kita tetap bekerja, memprogram ulang diri kita dengan informasi2 positif yang baru masuk, tak peduli kita memikirkan secara sadar atau tidak.

Rekaman ini bagaikan pelatih pribadi yang selalu ada di samping kita dan memberikan motivasi dari luar yang memotifasi, memberanikan, mempercayai, mengangkat, dan mendorong naik.

#Self-Talk#
Apapun pekerjaan kita, apapun latar belakang pendidikan kita, apapun masalah kita, atau apapun tujuan kita.

Sukses ataupun gagal di masa lalu, bukanlah persoalan penting. Self-talk bekerja pada setiap orang. Cara kerja otak manusia seluruhnya sama dalam kondisi apapun.

Semua orang bisa menggunakan self-talk, dan pasti mendapatkan hasil.

#Goals and Self-Talk#
Bayangkan tujuan yang berharga -lalu kemudian gunakan energi dari self-talk. Bisa saja kita menggapainya tanpa self-talk, tapi jalannya akan terasa lebih berat.

Karena impian : Memberikan kekuatan pada visi kita, memberikan cahaya untuk jalan kita, memberikan harapan perjalanan kita pasti berakhir baik, menetapkan tujuan kita, membuat kita bekerja untuk mencapainya, dan memotivasi – meyakinkan diri sendiri setiap saat.

#Reprogramming the Mind#
Kita telah belajar, apa yang kita masukan dalam otak kita, maka itu yang akan keluar.
Kita juga sudah belajar bahwa alam bawah sadar itu menyerap bagaikan spon. Alam bawah sadar akan mempercayai apapun yang kita katakan jika kita mengatakannya dengan cukup sering dan cukup keras.

Otak kita secara sederhana menerima apa yang kita katakan, otak kita tidak membuat penilaian moral (apakah itu baik ataupun buruk, benar ataupun salah). Otak kita tidak peduli itu.!!

Categories: SELF-TALK
  1. No comments yet.
  1. July 26, 2013 at 12:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: