Home > Computer > Melihat Proses Virus Yang Berjalan Dengan “TuneUp Process Manager”

Melihat Proses Virus Yang Berjalan Dengan “TuneUp Process Manager”

Pastinya cara ini sudah banyak diketahui oleh kita kebanyakan, tapi tak apa saya hanya ingin berbagi bagi yang Belum Tahu.

Sebenarnya cara ini saya lakukan ketika membaca tentang BOTNET dari om PONI, lalu melihat-lihat source code yang disertakan dengan VB 6 dan menjalankan file *.exe nya.
Entah kenapa komputer saya langsung terasa berat. Padahal beberapa saat yang lalu tidak. Padahal saya tidak terhubung ke internet, dan tidak ada form program yg muncul dan hanya membaca Xcode magazine #13.

Langsung saja saya menekan Ctrl+Alt+Del lalu meng-klik tab PROCESSES dan saya sort by User Name dan saya menemukan proses yang aneh [service.exe tapi kok di level user] tapi saya belum berani untuk meng-end process [meng-klik del] karena takut itu adalah proses penting [windos] maklum nubie.😀

task manager
[klik kanan -> open new tab, untuk melihat gambar dengan jelas]

Lalu saya teringat beberapa program agar dapat melihat detail dari proses yang berjalan, seperti process explorer, dll. Tapi saya tidak menemukannya di komputer saya, mungkin terhapus.
Akhirnya saya teringat pernah menggunakan yang kayak ‘begituan’ dari TuneUp Utilities [saya pake versi 2007]. Secara gitu loch, TuneUp adalah software yang selalu saya install bila mengistal OS, so pastinya sudah teristal di kompi saya.
Langsung cari-cari, eh ketemu menu TuneUp Process Manager. Langsung di coba. ternyata,😛

prosses manager
[klik kanan -> open new tab, untuk melihat gambar dengan jelas]

Waw.. Ada yang serem, xi..xi..xi… Trojan horse service… Lihat detail proses yang di-klik di bagian bawah dari gambar di atas. Yups.. Keliatan Author-nya poni-Xcode/Yogyafree.
Namanya “service.exe” [sama seperti dugaan saya di task manager diatas].
Nama folder, persis dari BOTNET-nya om poni.
Yups. Langsung aja di End Process terserah lewat task manager bawaan windos atau bawaan TuneUp.
He.he.. langsung enteng lagi dah computer…😀

Cara ini bisa dilakukan juga untuk memastikan, sebelum meng-end proses-proses yang kita kira virus, yang menumpang hidup di kompi kita…😛
Atau juga untuk memastikan sebelum meng-kill proses yang not responding… Dan lain-lain..

Sekian dari saya… Mudah-mudahan bermanfaat..

**********************************
Yang wajib dibaca (langsung klik)
My Another Blog (please visit)
**********************************

Categories: Computer Tags:
  1. ian juragan kampus
    June 22, 2010 at 9:03 am

    waw keren gan..tar ane mo mosting yang beginia deh
    nice info ya..ane baru tau nih xixixix
    salam kenal dari juragan kampus😀
    duh telat ni..berangkat dulu ya
    hahah

    • abid912
      June 22, 2010 at 11:44 am

      whe..
      sesuai judul blog om,..
      pokoknya semua d share di sini..😀

  2. June 22, 2010 at 10:18 pm

    wah mantap nih… coba

    • abid912
      June 23, 2010 at 3:51 pm

      he.he,..
      thank dah mampir gan,..

  3. ferdianelli
    June 21, 2011 at 10:35 pm

    Hehehe.thks uda share prog ane disini

    • abid912
      June 22, 2011 at 6:30 pm

      hihi, botnet makernya muncul..😀
      jadi malu dah artikel beginian dibaca sama om poni..
      makasih udah mau mampir & komen ya om..🙂

  4. November 17, 2014 at 2:05 pm

    Admiring the hard work you put into your site and in depth information you present.
    It’s nice to come across a blog every once in a while that isn’t the same
    out of date rehashed information. Excellent read!
    I’ve saved your site and I’m including your RSS feeds to my Google account.

  1. August 4, 2010 at 8:17 am

Leave a Reply

